Pengenalan Pemrograman Komputer Bagi Pemula - Part 1 (Mengenal Komputer)


    Komputer adalah salah satu perangkat yang paling digemari oleh manusia, bahkan perangkat ini menjadi kategori nomor satu untuk kebutuhan apapun. Menjadi nomor satu dalam hal ini adalah paling banyak digunakan bagi masyarakat millenial jaman now.


    Komputer yang dimaksudkan disini adalah berbagai perangkat elektronik yang umumnya digunakan dalam urusan computing, atau menjalankan sebagian tugas - tugas manusia secara spesifik dan secara pintar, seperti: membuat tugas, merancang dokumen, chatting, game, dll. Jadi, sebenarnya banyak alat yang termasuk ke dalam komputer, seperti : Smartphone, PC, Laptop, NoteBook, dll.

    Oleh karena pesatnya pertumbuhan penggunaan produk ini, maka banyak Developer Software dan Hardware yang berlomba - lomba menciptakan banyak inovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar. Developer dalam artian ini adalah pengembang, yang artinya orang yang membuat, berinovasi dan atau mengembangkan sesuatu hal yang nantinya akan menjadi suatu produk yang jadi dan dipasarkan ke masyarakat. Sedangkan, software adalah perangkat lunak, dan hardware adalah perangkat keras (nantinya akan dibahas di sesi berikutnya).

    Untuk itu, marilah sekarang kita sebagai anggota dari masyarakat seharusnya jangan hanya menjadi konsumen saja, tetapi juga harus belajar untuk memproduksi dan berinovasi, agar dapat memberikan manfaat bagi kita sendiri, masyarakat, bangsa, negara dan juga tentunya dunia!

Bagaimana Komputer bekerja ?

 
    Sebelum kita memahami bagaimana komputer itu dapat bekerja, alangkah baiknya jika kita harus memahami pengertian secara lanjut dari komputer itu sendiri.

    Komputer sendiri berasal dari bahasa latin, yaitu Computare atau dari bahasa inggris, yaitu to compute yang sama-sama berarti menghitung. Sehingga secara definisi, komputer adalah suatu mekanisme alat/sistem yang terdiri dari komponen hardware dan software yang menunjang dan saling bekerjasama dalam kerja operasinya, sehingga dapat melaksanakan fungsi tertentu yang diinginkan oleh Brainware (pengguna).

    Dalam definisi pemrograman, komputer adalah sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima masukan informasi(input), mengolah data(proses) dan memberikan informasi(output) setelah diproses oleh komputer yang dapat berwujud file, display, suara, dll. Itu semua (Input-Proses-Output) terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memori.

   Jadi, dapat disimpulkan bahwa kerja dari perangkat komputer dapat digambarkan seperti ini :


  • Input Device : masuk dalam kategori input, komputer menerima data berupa informasi yang berasal dari keyboard, atau gambar dari kamera atau juga suara dari mikrofon, kemudian data tersebut dikirimkan ke bagian process untuk diproses lebih lanjut oleh CPU.
  • Bagian Tengah/Process/CPU : masuk dalam kategori process, setelah komputer menerima data, kemudian CPU (Central Processing Unit) akan memproses data dari perangkat input secara simultan, atau secara langsung dan cepat. Pada tahap ini, akan terjadi koneksi antara unit perangkat CPU dan RAM dalam mekanisme alur komunikasi data, yaitu ketika CPU membutuhkan memori sementara untuk menyimpan suatu set instruksi yang akan dijalankan, proses ini terjadi terlampau cepat, yaitu dalam waktu beberapa picosecond. Proses ini terjadi secara terus-menerus (r/w RAM) sampai komputer dimatikan. Dan apabila, ada perubahan data pada sisi Software sistem operasi, maka CPU akan mengeset value/nilai pada ROM. 
  • Output Device : masuk dalam kategori Output, setelah CPU meyelesaikan instruksi - instruksinya, lalu hasil dari pengolahan tadi akan ditampilkan baik itu dalam bentuk display, suara, maupun disimpan dalam bentuk file. 
Komputer memiliki 2 komponen utama, yaitu Hardware dan Software. 


Hardware atau dalam istilahnya adalah perangkat keras, adalah perangkat yang tersusun atas perangkat - perangkat elektronik, yang dapat disentuh dan diraba, seperti : monitor, PC, keyboard, hdd, dll.




Software atau dalam artinya adalah perangkat lunak komputer, perangkat ini tersusun dari sekumpulan instruksi-instruksi kode untuk menjalankan suatu komputer dan medukung operasi perangkat keras (hardware) secara efisien, sehingga komputer dapat berjalan dengan semestinya. Perangkat ini tidak dapat diraba, disentuh. Akan tetapi, perangkat ini berwujud : program aplikasi, system operasi dan utilitas lainnya(program)








Apa Saja Komponen Dasar Dalam Komputer?

Kelompok HARDWARE
  1. Central Processing Unit (CPU) atau biasa disebut processor adalah merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian/komponen utama, yaitu ALU (Arithmetic Logical Unit) dan CU (Control Unit). Bagian ALU merupakan bagian pemrosesan yang berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Sedangkan bagian CU bertugas untuk memberi arahan /kendali/kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU.
  2. Memori adalah storage/media penyimpanan data pada komputer. Dibagi menjadi :
    1. Primary Memory / Memori Utama adalah memori yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan oleh CPU. Umumnya bersifat sementara dan seringkali disebut sebagai RAM. Adapun karakteristik memori ini adalah :
      1. Volatile -> informasi hanya akan ada selama komputer dihidupkan, artinya data atau informasi akan hilang ketika komputer dimatikan.
      2. Mempunyai Kecepatan transfer data yang tinggi.
      3. Akses random
    2. Secondary Memory adalah memori yang digunakan untuk menyimpan data, sistem operasi, program aplikasi secara permanen, arti dari permanen disini adalah bila komputer dimatikan, data yang tersimpan juga tidak akan hilang. Contoh : Floppy Disk, Harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical drive, T-Flash, SSD, dll. Adapun karakteristiknya adalah :
      1. Persisten atau non volatile
      2. Kecepatan transfer data relatigf rendah
      3. Akses random atau sekuensial.
  3. Input Dan Output Device merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan diluarnya, yaitu sebagai penerima masukan dari pengguna(input) dan menampilkan informasi yang telah diproses(output). Adapun dapat dibagi menjadi 2 kelompok :
    1. Input device (Piranti Masukan) sebagai media komputer untuk menerima data / masukan dari pengguna, seperti :
      1. Keyboard
      2. Mouse
      3. Touchpad
      4. Touchscreen
      5. Scanner
      6. Kamera
      7. Joystick
    2. Output Device (Piranti Keluaran) sebagai media komputer untuk menampilkan informasi/data yang telah diproses, seperti :
      1. Monitor
      2. Speaker
      3. Printer

Kelompok Software

   Program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki penggunanya. Ditulis dengan menggunakan beberapa instruksi khusus yang hanya dapat dimengerti oleh komputer. Instruksi khusus tersebut diperoleh dengan membuat kode program khusus untuk platform tertentu dengan bahasa program yang berbeda - beda pula, dari source code program itu nantinya akan dicompile dengan menggunakan program khusus, sehingga nanti akan berwujud suatu paket aplikasi yang siap digunakan. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu :
  1. Sistem Operasi (DOS, Unix, Linux, OS/2, Windows) merupakan software yang berfungsi untuk mengelola atau memanajemen seluruh perangkat yang terhubung dengan perangkat komputer, sehingga dapat tercipta komunikasi yang efektif, efisien dan terkoneksi dengan baik. Tanpa adanya sistem operasi, sebuah komputer tidak akan berguna sama sekali atau hanya sebagai mesin kosong yang tak ada artinya.
  2. Program Utility (Norton, Scandisk, PC Tools) berfungsi untuk membantu untuk mengisi kekurangan /kelemahan dari sebuah sistem operasi, sehingga bila ada suatu program fungsi yang belum ada dalam komputer, dapat diisi dengan program aplikasi ini.
  3. Program Aplikasi (MS Ofifice, LibreOffice, Netbeans) Merupakan program khusus yang berjalan pada sistem operasi untuk melaksanakan fungsi yang khusus. Umumnya program aplikasi ini berbeda-beda tergantung dari spesifikasi komputer/device yang dimiliki(OS, Platform). Jadi, misalnya kita mengetik dengan MS Word di Windows, maka di Linux kita bisa mengetik dengan LibreOffice, karena di Linux tidak support/kompatibel dengan MS Word. Untuk lebih lanjut, silahkan ikuti materi selanjutnya.
  4. Program Paket merupakan program aplikasi yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :
    1. Pengolah Kata : WordStar, MS Word, Word Perfect, Notepad, LibreOffice Writer
    2. Pengolah angka : MS Excel, LibreOffice calc
    3. Presentasi : MS PowerPoint
    4. Desain Grafis : CorelDraw, Photoshop
  5. Compiler merupakan program aplikasi yang digunakan untuk merubah kode program menjadi suatu set instruksi kode yang berbentuk aplikasi komputer. Mengapa menjadi set-set instruksi kode khusus? karena komputer hanya memahami satu bahasa, yaitu bahasa mesin. Bahasa mesin adalah bahasa yang hanya terdiri dari angka 1 dan 0, atau bisa disebut sebagai kode biner. Sehingga sangatlah tidak efektif dan efisien apabila manusia untuk membuat program yang terdiri dari nilai 0 dan 1. Maka dari itu, dibutuhkanlah aplikasi Compiler.
Sekian dari artikel ini, semoga bermanfaat. Silahkan lanjutkan ke materi selanjutnya yaitu :Pengenalan Pemrograman Komputer Bagi Pemula - Part 2 (Mengenal Programming)

Apabila anda merasa senang dengan artikel ini, bisa anda share ke social media. Terimakasih! dan Salam Programmer Indonesia!

Share this

Related Posts

First